Pokémon TCG Pocket baru saja mencatatkan sejarah di pasar mobile gaming. Diluncurkan pada 30 Oktober 2024, adaptasi terbaru dari permainan kartu Pokémon ini berhasil menarik perhatian global, dengan lebih dari 12 juta unduhan dan pendapatan mencapai $12,1 juta hanya dalam empat hari pertama. Dengan pemasukan rata-rata sebesar $3 juta per hari, game ini menunjukkan bahwa The Pokémon Company masih memiliki daya tarik besar di pasar global, dan game ini dapat menjadi langkah besar dalam strategi perluasan platform mobile Pokémon.
Dominasi Pasar Jepang dan Peran Pasar Amerika
Tak mengejutkan, pasar Jepang menjadi penggerak utama kesuksesan Pokémon TCG Pocket, menyumbang 45% dari total pendapatan. Jepang memang terkenal sebagai pusat budaya Pokémon, sehingga tingginya antusiasme tidak terlalu mengherankan. Di belakang Jepang, Amerika Serikat menyumbang 25% dari total pendapatan, menunjukkan ketertarikan yang kuat di kalangan penggemar Pokémon di negara tersebut. Pasar-pasar seperti Hong Kong, Taiwan, Korea Selatan, Selandia Baru, dan Prancis juga berkontribusi, meski dalam jumlah yang lebih kecil.
Gameplay yang Mendorong Keterlibatan Pemain
Pokémon TCG Pocket didesain untuk mempertahankan keterlibatan pemain melalui sistem pembukaan kartu yang mengasyikkan. Setiap pemain diberi kesempatan untuk membuka hingga dua paket kartu per hari secara gratis dengan sistem yang disebut “Pack Stamina.” Selain itu, pemain yang ingin mempercepat koleksi kartu mereka bisa melakukan pembelian dalam aplikasi untuk mendapatkan paket tambahan, serta opsi kustomisasi seperti playmats, map kartu, dan koin unik yang bisa dipakai dalam permainan. Penggunaan mikrotransaksi ini diharapkan dapat mempertahankan pendapatan stabil bagi The Pokémon Company dalam jangka panjang.
Perbedaan Spending di Berbagai Wilayah
Menurut data dari AppMagic, ada perbedaan mencolok dalam pola pengeluaran pemain di pasar Timur dan Barat. Rata-rata pendapatan per unduhan (Revenue per Download atau RpD) global Pokémon TCG Pocket tercatat sebesar $1,61. Akan tetapi, di pasar Timur, seperti Jepang, Hong Kong, dan Taiwan, RpD mencapai angka yang jauh lebih tinggi, yaitu $11,93 per unduhan, dibandingkan dengan $1,24 per unduhan di pasar Barat Tier 1. Hal ini menunjukkan bahwa pemain di kawasan Asia cenderung lebih royal dalam melakukan pembelian dalam game dibandingkan dengan pemain dari kawasan Barat.
Dominasi iOS dalam Pendapatan dan Unduhan Google Play
Dalam hal platform, pengguna iOS tampaknya mendominasi belanja dalam aplikasi, menyumbang $10,5 juta dari total pendapatan sebesar $12,1 juta. Sementara itu, Google Play lebih unggul dalam hal jumlah unduhan, dengan total 4,2 juta pemasangan dibandingkan 3,3 juta pemasangan di iOS. Data ini mengindikasikan bahwa meskipun lebih banyak pengguna Android yang mengunduh game ini, pemain iOS lebih banyak mengeluarkan uang untuk mikrotransaksi.
Tantangan Masa Depan untuk Pokémon TCG Pocket
Keberhasilan awal ini menunjukkan potensi besar Pokémon TCG Pocket, tetapi tantangan untuk mempertahankan basis pemain tetap ada. Game mobile yang bergantung pada pembelian dalam aplikasi sering kali menghadapi penurunan pendapatan saat minat pemain mulai berkurang. Oleh karena itu, strategi peluncuran konten baru dan pembaruan fitur akan sangat penting untuk menjaga keterlibatan pemain.
Namun, dengan basis penggemar yang besar dan pengenalan merek Pokémon yang kuat, Pokémon TCG Pocket memiliki peluang yang baik untuk mempertahankan popularitasnya. The Pokémon Company kemungkinan akan terus memanfaatkan momentum ini dengan menambahkan fitur-fitur baru dan memperluas pasar game mobile ini ke wilayah-wilayah lain.
Pokémon TCG Pocket, meskipun baru saja diluncurkan, telah memberikan dampak signifikan di dunia game mobile. Dengan angka awal yang sangat positif dan potensi pertumbuhan yang besar, game ini berpeluang menjadi salah satu game mobile terbesar di tahun 2024.