Sejarah Perkembangan Honda Nova Tena
Honda Nova Tena adalah salah satu motor yang menjadi bagian penting dalam sejarah balap motor di Indonesia. Pertama kali muncul di Thailand pada tahun 1980-an, motor ini langsung menarik perhatian. Meski tidak secara resmi dipasarkan oleh AHM di Indonesia, Nova Tena berhasil menjadi pilihan banyak pembalap, terutama di kelas 110-115cc.
Motor ini mulai terkenal di kawasan Asia Tenggara pada pertengahan dekade 1990-an. Dengan performa yang tangguh dan desain yang menarik, Honda Nova Tena menjadi motor favorit di kalangan pembalap. Banyak pembalap asal Thailand yang mengandalkan motor ini untuk meraih prestasi di ajang balap.
Berbagai Varian yang Ditawarkan
Dalam perjalanannya, Honda Nova Tena hadir dalam beberapa varian, antara lain Nova Tena S, R, dan RS. Varian S dan R dilengkapi dengan kopling otomatis, sedangkan Tena RS menawarkan kopling manual. Tena RS dikenal sebagai varian yang paling populer, dengan fitur keamanan yang lebih baik, seperti rem cakram di kedua roda.
Peredam kejut monoshock di bagian belakang memberikan kenyamanan tersendiri bagi pengendara. Desain motor ini juga lebih modern, menjadikannya lebih menarik dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Dengan keunggulan-keunggulan ini, Nova Tena berhasil mendapatkan tempat khusus di hati para pembalap.
Prestasi di Arena Balap
Honda Nova Tena menjadi salah satu motor yang mampu mendominasi kelas 2-tak 110-115cc di Indonesia. Motor ini bersaing ketat dengan Suzuki dan Yamaha, dan berhasil mencatatkan banyak prestasi. Beberapa pembalap terkenal, seperti Rafid Poppy Sugiarto, menjadi wakil dari motor ini di lintasan balap.
Kehadiran tim balap seperti SKF Fuchs Star Motor semakin memperkuat posisi Honda Nova Tena di dunia balap. Dengan modifikasi yang tepat, motor ini mampu meraih banyak prestasi di berbagai kompetisi. Nova Tena bukan hanya sekadar motor, tetapi juga simbol keberhasilan di dunia balap.
Desain yang Menarik dan Teknologi Canggih
Honda Nova Tena RS 110 menawarkan desain yang lebih modern dan sporty. Lampu depan dan belakang yang terintegrasi dengan bodi memberikan kesan yang lebih stylish. Selain itu, velg cast wheel menambah daya tarik visual motor ini. Dengan tampilan yang menarik, Nova Tena berhasil menarik perhatian para penggemar motor.
Di sektor mesin, Nova Tena dilengkapi dengan mesin berkapasitas 109cc, 2-tak, yang mampu menghasilkan tenaga hingga 11,8 hp pada 11.000 rpm. Transmisi 5 percepatan membuatnya responsif dan mudah dikendalikan. Kompresi yang rendah juga memungkinkan penggunaan bahan bakar premium, menjadikannya pilihan ideal bagi para pembalap.
Komunitas dan Dukungan Purna Jual
Komunitas penggemar Honda Nova Tena sangat aktif, dengan banyak forum dan grup di media sosial yang membahas motor ini. Komunitas ini menjadi tempat bagi para penggemar untuk berbagi informasi dan pengalaman seputar modifikasi dan perawatan motor.
Dukungan dari Honda dalam hal purna jual juga sangat baik. Ketersediaan suku cadang dan aksesori membuat pemilik Nova Tena tidak kesulitan dalam merawat motor kesayangan mereka. Hal ini menjadi salah satu faktor yang membuat Nova Tena tetap diminati hingga kini.
Kesimpulan
Honda Nova Tena adalah motor legendaris yang memiliki tempat khusus dalam sejarah balap motor di Indonesia. Dengan performa yang mengesankan dan dukungan dari komunitas yang kuat, motor ini akan selalu dikenang sebagai salah satu ikon 2-tak yang tak terlupakan. Bagi para penggemar, Nova Tena merupakan simbol semangat dan prestasi dalam dunia balap.