Daihatsu Zebra: Legenda MPV yang Mengubah Wajah Otomotif Indonesia

Sejarah Daihatsu Zebra

Daihatsu Zebra adalah salah satu mobil yang memiliki tempat tersendiri dalam sejarah otomotif Indonesia. Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 1986, Zebra menjadi salah satu kendaraan yang banyak dicari oleh masyarakat, terutama sebagai kendaraan keluarga. Mobil ini hadir pada masa ketika Daihatsu mulai melakukan pengembangan untuk memenuhi kebutuhan pasar yang semakin meningkat.

Awal mula perjalanan Daihatsu Zebra dapat ditelusuri kembali ke tahun 1972, ketika Daihatsu meluncurkan model Hijet S38. Mobil ini merupakan Completely Built Up (CBU) yang diimpor langsung dari Jepang. Pada tahun 1977, Daihatsu mulai memproduksi Hijet secara Semi Knock Down (SKD), dan pada tahun 1979, model Hijet terbaru diperkenalkan untuk pasar Indonesia, yaitu Hijet 55 Wide.

Evolusi dan Inovasi

Seiring berjalannya waktu, Daihatsu terus melakukan inovasi pada model ini. Pada tahun 1986, Daihatsu merilis Daihatsu Zebra sebagai pengembangan dari Hijet, dengan mesin 1.000cc yang merupakan hasil penyempurnaan dari model sebelumnya. Zebra menjadi salah satu mobil yang sangat diminati karena desainnya yang fungsional dan kapasitas angkut yang besar.

Pada tahun 1990, Daihatsu meluncurkan versi baru dari Zebra dengan mesin 1.300cc, yang memberikan performa lebih baik. Salah satu inovasi penting adalah peluncuran Zebra Espass pada tahun 1995, yang dilengkapi dengan bodi aerodinamis dan sliding door. Ini menjadikan Zebra semakin menarik bagi keluarga yang membutuhkan kenyamanan dan kemudahan akses dalam kendaraan.

Penerimaan Masyarakat

Daihatsu Zebra dengan cepat mendapatkan tempat di hati masyarakat Indonesia. Efisiensi bahan bakar dan kenyamanannya menjadi dua faktor utama yang membuatnya sangat diminati. Masyarakat sangat menghargai varian 1.300cc yang dikenal irit dan sangat cocok untuk penggunaan sehari-hari. Zebra menjadi kendaraan ideal untuk keluarga besar dan juga untuk keperluan niaga.

Pada tahun 2000, Daihatsu memutuskan untuk kembali menggunakan nama Zebra setelah sempat menggunakan nama Espass. Zebra terbaru ini mendapatkan penyempurnaan pada mesin dan struktur bodi, meningkatkan daya tariknya di pasar. Dengan berbagai pilihan mesin yang tersedia, Zebra tetap menjadi salah satu pilihan utama di segmen MPV.

Spesifikasi dan Performa Mesin

Daihatsu Zebra dikenal dengan spesifikasi yang mumpuni. Mobil ini dilengkapi dengan mesin 4 silinder, 4 tak, dan 16 katup. Terdapat beberapa pilihan mesin, termasuk 1.3 Carbu, 1.5 EFI, dan 1.6 Carbu. Performa mesin Zebra cukup mengesankan, dengan tenaga yang bervariasi antara 76 hp hingga 87 hp dan torsi antara 114 Nm hingga 135 Nm.

Suspensi yang digunakan adalah MacPherson strut di bagian depan dan Rigid axle di bagian belakang, memberikan kenyamanan saat berkendara. Pengereman menggunakan sistem disc di bagian depan dan drum di belakang, memastikan keamanan saat melaju di berbagai kondisi jalan. Ukuran ban 175/70 R13 juga memberikan stabilitas yang baik saat berkendara.

Kesimpulan

Daihatsu Zebra adalah mobil yang tidak hanya ikonik, tetapi juga menawarkan kenyamanan dan efisiensi yang menjadikannya pilihan populer di Indonesia. Meskipun telah berusia cukup tua, Zebra tetap eksis dan menjadi bagian dari kenangan otomotif yang tak terlupakan. Dengan berbagai inovasi dan penyempurnaan yang dilakukan sepanjang sejarahnya, Daihatsu Zebra akan selalu dikenang sebagai salah satu ikon dalam industri otomotif tanah air.

Exit mobile version